[NEWS] Dari Band Indie Menjadi Bintang Kelas Dunia, Perjalanan CNBLUE Menuju Sukses (PART 1)
Jul 2012 10

CNBLUE: Mimpi dari sudut sebuah jalan di dunia.

Jalanan. Inilah dimana sebuah band yang terdiri dari empat pemuda bewajah segar memulai semuanya di awal tahun 2009. Di sebuah jalan di Jepang, menantang dinginnya suhu di musim dingin, harus hidup layaknya seorang Renegade dalam pelarian. CNBLUE benar2 memulai dari bawah dengan hanya berbekal kemampuan bahasa yang pas-pasan, sedikit uang di saku mereka, tanpa telepon seluler, dan juga tanpa keluarga di sekitar mereka, satu-satunya hal yang mereka miliki adalah anggota band mereka dan juga musik. Perusahaan mereka, FNC, saat itu sedang mencoba tehnik baru, mengirim mereka ke Jepang untuk dilatih tidak sebagai pendatang baru, tapi sebagai bukan siapa-siapa. Untuk menyiapkan mereka untuk sebuah debut secara resmi, namun belum diputuskan apakah mereka akan diperkenalkan sebagai sebuah indie band di Jepang atau menunggu beberapa bulan untuk masuk ke pasarKoreasebagai band di Negara asal mereka. Sementara itu, mereka mengadakan pertunjukan dadakan di stasiun kereta api, menyanyikan lagu-lagu dari artis-artis popular, sambil secara diam-diam menggarap komposisi lagu mereka sendiri dan menunggu dengan sabar giliran mereka untuk bersinar. Tour jalanan mereka di Jepang memberikan mereka pengalaman dan kepercayaan diri yang mereka perlukan dan membantu membangun grup penggemar yang solid disana. Mereka menggunakan bakat alamiah musik mereka dan juga pesona mereka secara fisik sebagai nilai tambah, yang kemudian memungkinkan mereka untuk memulai karir sebagai band indie di Negara yang merupakan Negara asing bagi mereka. Kini setelah merasa cukup kuat untuk ikut andil membuat musik mereka sendiri bersama dengan komposer-komposer besar di Jepang, CNBLUE memulai perjalanan mereka. 

Selama mereka di Jepang, perusahaan mereka akhirnya memutuskan untuk memulai debut CNBLUE sebagai band indie. Mereka memulai debut resmi mereka dengan mini album pertama yang berbahasa Inggris , ‘Now or Never’ pada tanggal 19 Agustus 2009. Selanjutnya, pada25 november 2009, band ini merilis album mini keduanya yang berjudul ‘Voice’. Kedua album tersebut gagal memberi pengaruh besar pada tangga lagu dan juga perhitungan penjualan album, namun mereka membantu menempatkan nama band ini dalam industri musik dan membuat orang-orang mulai memperhatikan mereka. CNBLUE mempromosikan musik baru mereka dengan mengadakan pertunjukan langsung di klub-klub dan terus mengadakan pertunjukan jalanan mereka saat cuaca sedang bagus.

PERKENALAN DAN EKSPANSI

Meruntuhkan dinding penghalang yang mereka hadapi di Jepang hanyalah sebuah permulaan; mereka perlu mulai membuat nama mereka diakui di Korea, negeri mereka sendiri. Jadi, bersama perusahaan management mereka, di bawah naungan drama ‘You’re beautiful’, gitaris dan vokalis utama mereka, Jung Yong Hwa, terpilih untuk memainkan tokoh tampan namun canggung, Kang Shin Woo yang akan memulai debut aktingnya lewat peran tersebut. Saat drama tersebut tidak mendapat rating penonton yang begitu memuaskan sebagaimana diharapkan para direksi, respon international terhadap drama ini, bersama dengan chemistry yang jelas terjalin antara para aktor termasuk bintang hallyu Jang Geun Suk, Park Shin Hye dan vokalis FTISLAND Lee Hong Ki (semuanya adalah anggota dari band fiksi A.N.JELL) membantu mengangkat popularitas Yong Hwa bahkan lebih tinggi dari yang diperkirakan yang  mana sangat penting bagi keberadaan CNBLUE. Perhatian public baru ini sangat positif dampaknya bagi band dan juga sangat penting agar mendapat pengakuan di Koreadan membangun jalan mereka debut di Korea. Dengan popularitas baru ini, keberadaan peran paling penting dalam band perlu ditetapkan untuk CNBLUE. Peran pemimpin dalam band kemudian dialihkan dari Lee Jong Hyun kepada Jung Yong Hwa tidak berapa lama sebelum debut mereka di korea. Lee Jung Shin kemudian masuk sebagai bassist menggantikan bassist mereka yang sebelumnya, Kwon Kwang Jin. Perubahan-perubahan ini seharusnya sudah cukup bagi sebuah band baru yang akan mulai berjalan di bawah tekanan, namun tidak begitu bagi CNBLUE. Dalam jiwa mereka yang paling dalam, pemuda-pemuda ini sangat berhasrat untuk bermain musik dan menggapai serta memikat sebanyak-banyaknya pendengar. Sementara mereka bekerja keras dan berjuang agar bias tampil di stadium-stadium seluruh dunia, musisi-musisi rendah hati ini akan terus melakukan sebanyak mungkin pertunjukan di sudut-sudut jalan sebanyak mungkin; jika itu memang satu-satunya cara agar mereka bisa melakukan hal yang mereka cintai, melakukan pertunjukan musik.

Pada awal januari 2010, pengumuman tentang debut besar-besaran CNBLUE di korea dibuat dan diikuti oleh sejumlah teaser (cuplikan video), yang masing-masing menampilkan satu dari 4 anggota band menunjukkan karisma mereka masing-masing dan juga memperlihatkan sedikit mengenai apa sebenarnya makna di balik nama CNBLUE. C.N adalah kepanjangan dari Code Name dan B.L.U.E merupakan wakil dari pribadi masing-masing anggota. Teaser/cuplikan video untuk gitaris utama dan vokalis Lee Jong Hyun akan muncul pertama kali dan dia mewakili huruf B untuk “Burning’. Teaser/cuplikan video berikutnya menampilkan sang drummer Kang Minhyuk yang mewakili ‘L’ untuk ‘Lovely’. Sang Bassist Lee Jungshin akan mewakili ‘U’ untuk ‘Untouchable’. Dan yang terakhir, pemimpin baru band, Vokalis utama dan gitaris, Jung Yong Hwa akan mewakili ‘E’ untuk “Emotional’. Semua anggota band ini kemudian bersama-sama akan mewakili CNBLUE.

Tingginya pengharapan untuk musik video resmi yang tidak terlupakan untuk track utama, “I’m a loner” kemudian dirilis tepat sebelum peluncuran album mini Korea mereka yang berjudul “Bluetory” pada tanggal 14 Januari 2010 yang dengan cepat memperoleh posisi pertama di tangga lagu Mnet, bersamaan dengan posisi kedua di tangga lagu Hanteo. CNBLUE merupakan satu-satunya grup band yang mampu mencapai prestasi tersebut di tahun 2010. Lagu-lagu lain yang ada di abum tersebut merupakan versi Korea dari lagu mereka sebelumnya yang beredar di Jepang. Tidak lama setelah mereka merasakan kesuksesan di kalangan masyarakat, termasuk selebriti, lambat laun mereka mulai diperhatikan sebagai pendatang baru yang datang ke industri musik dengan cepat bagaikan badai. Pada awalnya, band ini selalu dibanding-bandingkan dengan FT ISLAND, yang kebetulan merupakan artis yang sama-sama bernanung di label perusahaan yang sama. Namun masyarakat dengan cepat menganggap musik CNBLUE sebagai musik yang langka, dianggap setara dengan band rock alternative seperti Marron5, namun juga menawan dan polos seperti artis pop alternative, Jason Mraz.

Beberapa bulan setelah mereka menyelesaikan promo album Korea pertama mereka “I’m A Loner”, CNBLUE merilis mini album berikutnya, “BLUE LOVE”, yang menampilkan lagu Korea asli hasil karya anggota band tersebut dan bukan hanya revisi dari karya2 mereka di Jepang sebelumnya. Album ini memperkenalkan komposisi dan lirik yang ditulis sendiri oleh anggota band ini termasuk “Love Light” dan “Tattoo” karya dari Jung Yong Hwa dan juga “Sweet Holiday” yang liriknya juga turut ditulis oleh Kang Min Hyuk. Musik yang unik dari CNBLUE, terutama kombinasi yang menakjubkan dari suara baritone Lee Jong Hyun dan suara serak Jung Yong Hwa sebagai vokalis utama, kemudian diwarnai oleh antusiasme dan kritik dari para pelaku musik, yang banyak membantu CNBLUE mengembangkan warna musik mereka.

Setelah merilis “Blue Love”, CNBLUE telah sukses memperbesar pengaruh mereka di pasar international dengan mengadakan tur regional mereka yang pertama “Listen to The Blue Asia Tour”. Pada saat yang bersamaan, mereka memfokuskan diri untuk kegiatan mereka di Jepang dengan tujuan untuk meyakinkan fans-fans mereka di Jepang bahwa mereka tidak akan melupakan penonton yang pertama kali membuat mereka mampu mewujudkan mimpi mereka untuk bermusik. Mendapatkan respon hangat dari semua tempat yang mereka datangi, CNBLUE mulai secara resmi turut serta dalam Hallyu Wave (Trend Korea) dan akhirnya menjadi bintang Rock International sebagai sebuah band idola.

Cr: kpopstarz
Authors:  Mari @cnbstorm/colormecnblue | D@cnbstorm
Edited by:  D@cnbstorm
Photo credits: As tagged where it applies
Translated eng-ind by : Heidi @cnblue4ina
Posted by Reni @cnblue4ina