[NEWS] Dari Band Indie Menjadi Bintang Kelas Dunia, Perjalanan CNBLUE Menuju Sukses (PART 2)
Jul 2012 10

EKPLORASI BIDANG BARU

Sambil memperluas pencapaian musik mereka ke daerah-daerah baru, CNBLUE juga memperluas bakat dan ketertarikan mereka ke dunia seni entertainment dalam bentuk lain. Pada akhir 2010, Lee jonghyun dan Kang Minhyuk melakukan debut acting mereka dalam film pendek “Bakery Attack”, bagian dari film independent “Accoustic”, yang ditampilkan pada Festival Film International Busan. Sebelumnya pada awal tahun, tepatnya Februari, Jung Yong Hwa dipasangkan dengan SeoHyun dari Girls Generation untuk sebuah acara penikahan virtual sebagai pasangan Yongseo, untuk acara popular channel MBC “We Got Married”. Mereka syuting episode terakhir We Got Married pada 15 Maret 2011. 

Memberi tanda silang pada T, memberi tanda titik pada I

Pada 21 maret 2011, Setelah lama tidak merilis album Korea sejak mini album “BLUE LOVE” pada tahun sebelumnya, CNBLUE akhirnya merilis album resmi pertamanya yang sangat ditunggu-tunggu yang berjudul  “First Step”, yang dinamakan demikian karena ini merupakan album full Korea mereka yang pertama. Agar selangkah lebih maju untuk menjadi musisi sejati yang diakui, album ini terdiri dari 12 lagu yang menampilkan lagu dan musik yang di compose dan ditulis oleh anggota band ini sendiri. First step tidak hanya berisi lagu yang sebelumnya telah sukses di Jepang yang kemudian ditulis ulang dalam versi Korea seperti “One Time” dan “I Don’t Know Why” (keduanya masuk dalam ORICON charts), namun juga ditambah beberapa lagu yang sebelumnya sama sekali belum pernah diperdengarkan di public dan jenis musik yang baru ini membantu CNBLUE memperkuat warna musik CNBLUE.

Judul lagu utama “Intuition”, menampilkan permainan ritmis gitar yang kuat, diiringi vocal yang kuat. Jung yong Hwa turut serta dalam menulis, mengkomposisi musik, dan pengaturan beberapa lagu di album tersebut seperti “Love Girl” dan “One Time”. “just Please” ditambahkan sebagai bagian dari album full Jepang mereka “Thank You”, keduanya ditulis kembali dalam bahasaKoreaoleh Jung Yong Hwa juga. Pada saat ini, Lee jonghyun menunjukkan kemampuannya mengkompose lagu untuk “Love in the rain” dan “Thank You” dan membantu menulis lirik untuk beberapa lagu di album tersebut.

Intuition mendapat perhatian yang sangat besar dari semua orang yang mendengarkan lagu itu dan menyaksikan CNBLUE membawakannya secara langsung, membuat band ini mulai diperhitungkan di acara panghargaan dan pertunjukan musik. Lagu ini langsung merajai semua tangga lagu onlineKoreayang utama: Melon, Bugs, Dosirak dan Cyworld. Kurang dari 24 jam setelah album ini dirilis, “First Step” menapaki jalan menuju puncak tangga lagu dan mengamankan posisi pertama penjualan album yang dikukuhkan oleh beberapa tangga lagu offline. Band ini memenangkan K-chart seminggu setelah penampilan kembali mereka di Mnet Countdown, KBS Music Bank, dan seminggu setelah SBS Inkigayo. Ini adalah pertama kalinya band ini memenangkan 3 penghargaan sekaligus (triple crown), prestasi yang mereka dapat dari Mnet M!Countdown dan KBS’s Music Bank. Promosi untuk lagu ini berakhir pada 24 April di Inkigayo. 3 lagu dari album ini “Love girl”, “Imagine”, dan seperti yang sudah diharapkan, single utama “Intuition” sangat terbukti menjadi 3 lagu yang paling kuat di album tersebut sebagai hasilnya; penjualan album naik mencapai 150,000 copy yang terjual hanya bebrapa minggu setelah dirilis.

Untuk merayakan kelanjutan keberhasilan mereka dan untuk menunjukkan penghargaan mereka kepada fans mereka untuk semua support yang telah diberikan, CNBLUE merilis sebuah album EP special berjudul First step+thank you pada 26 April. 3 lagu ditambahkan pada album tersebut, menampilkan versi aransemen “Love Girl” yang pertama kali muncul dalam “First Step”  dan 3 lagu lainnya “ Try Again Smile Again”, “Don’t say Goodbye” dan “Yes” yang versi aslinya ada di album Jepang mereka. Mereka kemudian melanjutkan promosi untuk lagu “Love Girl” yang dimulai pada 29 April di KBS Music Bank dan kemudian mengakhiri penampilan mereka di acara2 musik pada 22 Mei.

DI LUAR MUSIK

Pada bulan Juni 2011, Jung Yong Hwa mendapat peran utama di drama “Heartstring” (judul lain: You’ve fallen for me). Yong Hwa berperan sebagai “Lee Shin” di drama MBC ini bersama dengan member CNBLUE yang lain, Kang Min Hyuk sebagai pemeran pendukung. Yong Hwa menulis lagu special untuk drama ini yang berjudul, “Because I Miss You”, yang kemudian sangat mendapat perhatian masyarakat luas. Acara ini, juga di bintangi oleh Park Shin Hye, Song Chang Eui, dan So E-Hyun, membuat rating untuk acara ini antara 8 atau 9 persen selama 2 bulan penayangan yang dimulai bulan Juni 2011. Sama dengan “You Are Beautiful”, respon yang sangat besar dari pengguna internet (netizen) membuat drama ini dipilih oleh Fuji TV di Jepang dan dijadwalkan akan ditayangkan disana pada musim panas 2012.

Setelah syuting “Heartstring’ diselesaikan oleh leader Jung Yong hwa dan Min Hyuk, tidak ada lagi waktu untuk berlibur atau bersantai. CNBLUE langsung kembali pada posisi band mereka dan memulai proses kembali ke Jepang untuk mulai kegiatan promosi mereka lagi untuk album full kedua mereka. Album Jepang terbaru mereka “392”, yang berada di posisi 6 tangga album mingguan ORICON, juga akan menjadi album indie mereka yang terakhir. Judul untuk album ini memiliki makna yang special yaitu “392” yang dibaca sebagai “San-Kyu-Two” (3 dan 9 dalam bahasa Jepang, diikuti 2 dalam bahasa Inggris), yang diterjemahkan menjadi “ThankU2”. Perilisan album ini membuktikan pahit manisnya pengalaman anggota band ini yang tidak akan lagi dianggap sebagai band indie. Dari saat mereka bermain untuk ‘panggung’ mereka yang pertama di jalanan2 Jepang di stasiun Shinjuku dan Shibuya juga taman yoyogi, mereka bekerja keras dan berlatih lebih keras lagi untuk mencapai titik yang sekarang mereka peroleh dalam karir mereka. Mendapat pengakuan yang penuh dari Jepang, Negara asing dimana mereka memulai sebagai ‘bukan siapa-siapa’, akhirnya berada dalam genggaman mereka. Aktifitas mereka di Jepang termasuk terpilih sebagai band pembuka untuk konser bank rock amerika ternama “Linkin Park”, yang tampil pada festival Ongaku to Hitachi  2011, dan mengadakan konser yang tiketnya terjual habis untuk 15.000 fans di Yokohama arena pada 25 September yang kemudian dirilis dalam bentuk DVD konser.

CNBLUE masuk ke indutri musik layaknya sebuah ‘badai’ dengan semua pengakuan yang mereka terima dan juga kerja keras mereka. Pada pertengahan September 2011, band ini mengumumkan bahwa mereka akan menandatangani kontrak dengan label rekaman besar yaitu Warner Music Japan dan menyiapkan debut besar pertama mereka yang dirilis 19 Oktober, yang berjudul “In My Head”. Album ini terbukti menjadi lebih special dibandingkan album-album CNBLUE lainnya yang telah dirilis hingga kini karena akan menjadi abum pertama dimana judul lagu utama “In My Head”, ditulis sendiri oleh sang leader Jung Yong Hwa. Untuk merayakan perilisan album ini, CNBLUE menggelar konser guerilla di Shinjuku Station Square  Tokyo yang dihadiri lebih dari 7000 fans. Akan tetapi, konser di tempat terbuka ini akhirnya harus dihentikan oleh polisi setempat karena isu keamanan sesaat setelah band ini membwakan lagu “In My Head”, satu dari 3 lagu yang dijadwalkan akan dibawakan pada event tersebut.

Tidak hanya ini pertama kalinya karir musik CNBLUE memiliki judul lagu utama yang ditulis sendiri oleh anggota band sebagai focus utama di dalam sebuah album, tapi mini album “In My Head” juga menandakan CNBLUE telah sukses berubah dari indie band menjadi artis perusahaan label rekaman. Karena nilai pasar dan jenis musik rock mereka, band ini di terima dengan baik oleh penggemar dan juga dunia musik. “In My Head” mendapat status emas hanya dalam waktu sebulan sejak album ini dirilis setelah mampu terjual sebanyak lebih dari 100.000 kopi. Album ini juga menempati posisi 4 dan kemudian ketiga pada tangga album ORICON yang sangat bergengsi.

MENCATAT SEJARAH

Dengan sukses yang begitu besar untuk single besar pertama mereka, niat CNBLUE lebih besar dari sebelumnya untuk meneruskan perjalanan mereka menuju puncak dunia. Langkah mereka selanjutnya yang sangat ditunggu-tunggu, dengan tanggal rilis 1 Februari 2012, “Where You Are” memberi kesempatan CNBLUE untuk menunjukkan sisi lebih macho mereka baik dalam hal musik maupun penampilan fisik dan menampilakn musik Rock yang lebih keras yang sangat sesuai dengan mood ‘dewasa’ yang ingin mereka tunjukkan. Lagu “Where You Are” dan “Feeling”, lagi-lagi di compose dan ditulis sendiri oleh Jung Yong Hwa, sedangkan lagu “Getaway” yang sangat membius di compose oleh Lee Jonghyun.

Tanggapan yang sangat baik untuk single ‘Where You Are’ mencapai penjualan lebih dari 60.000 kopi di minggu pertama penjualannya, menjadikannya no.1 di tangga lagu oricon pada tanggal 13 Februari. Selama 41 tahun, belum pernah ada band asing yang berhasil mencapai posisi ini di Jepang. CNBLUE adalah bandKoreakeempat yang telah mampu menduduki posisi teratas di tangga lagu ORICON. Ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa untuk 4 pemuda yang memulai sebagai sekumpulan pemuda yang mempunyai mimpi dan sekarang, setelah hanya dalam waktu 2 tahun kemudian, berhasil memecahkan rekor dan memasang target yang lebih tinggi daripada band-band lain yang seperti mereka. CNBLUE terus melangkah maju, tidak sekalipun memperlambat langkah mereka terlalu lama untuk menikmati pencapaian mereka karena tentu saja, selalu akan ada lebih banyak tujuan yang ingin dicapai dan hambatan-hambatan yang harus ditaklukan.

Pada tanggal 9 Maret 2012, CNBLUE memulai penantian panjang mereka dalam upaya menembus dunia barat, melalui Los Angeles. Bersama dengan kawan sesama band yang berada di label yang sama FTISLAND, CNBLUE menggelar konser pertama mereka di Amerika Serikat, ‘Stand Up’, yang diselenggarakan oleh MLIVE  di Nokia Theatre, Los Angeles, California dengan ruangan yang penuh didatangi oleh lebih dari 5000 fans. Menjadi band yang pertama kali tampil di Amerika  Serikat, bagi kedua band hal ini membantu mereka untuk menandai usaha mereka menembus pasar International dan membantu memperkuat hubungan CNBLUE dan fans mereka di AS.

Tidak kenal lelah terbukti menjadi motto mereka yang tak terkatakan untuk kerja keras band ini. Sesaat setelah kembali ke Korea dari promosi mereka untuk “Where You Are” dan sukses menggelar konser internasional pertama mereka di AS, CNBLUE dengan cepat kembali ke mekanisme mereka untuk menyiapkan album mini ketiga mereka yang akan datang dan sudah sangat dinanti, “Ear Fun” mengakhiri masa vakum mereka untuk aktifitas di Korea selama kurang lebih satu tahun. Single pertama “Still In Love” videonya dirilis pada tanggal 16 Maret. Satu dari lima lagu dicompose dan ditulis sendiri oleh Jung Yong Hwa, “Still In Love” mengungkap sisi lain dari band ini, dengan suara yang lebih lembut dan emosional. Video untuk lagu ini, menunjukkan CNBLUE dalam suasana yang lebih santai dan dewasa, sedang menggarap lagu ini di dalam studio.

Pada tanggal 26 Maret, band ini berkumpul untuk acara aksi kembali mereka dan perilisan album mini ketiga mereka yang berjudul unik “EAR FUN”. Pada acara tersebut, Yong Hwa mengungkapkan, “Album ini dimaksudkan untuk mempertahankan warna musik CNBLUE, namun mulai album kami mendatang, akan ada perubahan besar. Setelah promosi untuk album ini berakhir, dalam beberapa bulan ke depan kami akan memikirkan akan kemana arah kami nantinya”.

Di hari yang sama, CNBLUE mengeluarkan video untuk lagu “Hey You”. Judul lagu utama ini menarik banyak minat dan berhasil mendududki posisi teratas tangga-tangga lagu di saluran musik seperti Melon, MNET dan OLLE Music. CNBLUE memainkan “Still In Love” dan juga “Hey YOU” pada aksi panggung kembali mereka di M!Countdown pada 29 Maret dan secara berlanjut menyelesaikan aksi panggung kembali mereka di program musik yang lain di hari berikutnya. Album ini berada di posisi no.1 baik online maupun penjualan fisik album secara offline di minggu pertama album ini dirilis. Lagu “Still In Love” bertengger di posisi 10 tangga lagu nasional mingguan Korea di minggu pertama lalu naik menjadi posisi 3 di minggu kedua. CNBLUE menyelesaikan promo album ini dalam empat minggu dan memenangkan penghargaan di K-Charts dan MUTIZEN pada aksi panggung terakhir mereka di KBS Music bank dan Inkigayo pada tanggal 20 dan 22 April.

Pada tanggal 5 Mei, CNBLUE menggelar temu penggemar Korea mereka untuk yang pertama kalinya, “The Story of you and I” di universitas yonsei dan berkumpul bersama ratusan penggemar mereka untuk acara yang sangat mengharukan dimana mereka menunjukkan cinta dan rasa terima kasih mereka untuk semua dukungan yang telah diberikan. Di acara yang sama, pemuda-pemuda ini mengatakan “Kami masih akan bersama dalam waktu 50 atau 60 tahun lagi” dan menjanjikan pertemanan abadi kepada para penggemar mereka. Yong Hwa secara khusus mengatakan “ CNBLUE dan fans akan bersama sampai mati” yang mengakibatkan gemuruh yang memekakan telinga dari penggemar mereka. Jungshin membuat fans menggila dengan aksinya untuk penggemar dengan menguraikan rambutnya di pertengahan penampilannya, dan kemudian menulis di twitter “Saya menyiapkan banyak hal untuk temu penggemar ini tapi saya tidak tau apakah semua orang menikmatinya. Terima kasih. Mari mengadakan lebih sering temu penggemar”.

Melalui parody dan kegiatan menyenangkan lainnya, anggota band ini memastikan untuk memberikan kegembiraan selama acara temu penggemar tersebut. Sebagai balsannya, penggemar menyiapkan kejutan kado ulang tahun untuk Jonghyun, yang langsung terlihat emosional di tempat dan bahkan tak mampu berkata-kata sesaat dari hal yang mengharukan itu.

Setelah 2 tahun yang sudah seperti angin topan, CNBLUE masih siap untuk yang lebih lagi. Sang drummer “LOVELY” Kang Min Hyuk mengisi jadwalmya yang telah sibuk dengan muncul di peran terbarunya di drama KBS “My Husband Got A Family”. Sesaat setelah Minhyuk memulai jadwal dramanya, sang gitaris “BURNING” juga menyisipkan acting ke dalam daftar aktivitasnya dan saat ini bermain dalam drama komedi romantis “A Gentleman’s Dignity”, yang telah banyak menarik perhatian dan membukukan banyak rekor rating sejak ditayangkan pada bulan Mei 2012. Semua ini dilakukan dengan tetap menjaga jadwal musik mereka di berbagai acara musik dan variety show serta acara2 lainnya.

Sementara kedua anggota band ini, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, melakukan aktifitas masing-masing, sang bassist Lee Jung Shin juga dibuat sibuk dengan mengambil kelas acting karena ia juga berkeinginan untuk bisa menembus layar kaca dengan menampilkan karakter “untouchable” nya. Jung Yong Hwa memilih untuk beristirahat dari acting dan lebih focus untuk mengerjakan musik untuk proyek2 CNBLUE yang akan datang. Yang mana, pertama adalah mini album Jepang mereka yang akan dirilis pada 1 Agustus dan album Korea yang dikabarkan akan dirilis pada sekitar October 2012 namun hingga kini belum ada konfirmasi mengenai hal ini. Yong hwa mengatakan, “Berdasarkan hasil kerja saya selama ini (selama masa istirahat), saya ingin mempromosikan lagu saya sendiri sebagai lagu utama untuk album (korea) kami selanjutnya”. Label perusahaan mereka, FNC, menunjukkan dukungan mereka untuk sang vokalis dan mengeluarkan pernyataan “(Jung Yong Hwa) mempunyai hasrat yang sangat kuat untuk menulis lagunya sendiri, dan kami berencana untuk mengambil kesempatan ini untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada dia. Dia ingin membuat dirinya lebih diakui sebagai musisi daripada sebagai aktor untuk saat ini. Selain mengambil bagian untuk album baru band ini, CNBLUE akan sangat disibukkan dengan tur dan ke luar negeri tahun ini”.

Bagaimanapun juga, walau ia ingin meluangkan istirahat waktu untuk dirinya sendiri, Jung Yong Hwa tetap sangat sibuk. Selain mengerjakan musik untuk CNBLUE, dia juga mencoba kemampuannya untuk memproduseri musik. Rekan satu label rekamannya, Juniel, baru saja memulai Debut besar Koreanya pada 7 Juni dengan bimbingan dari yonghwa yang juga bertanggung jawab dalam memproduseri single pertamanya “Fool”. Lagu ini merupakan bagian dari album mini pertamanya “My first June” yang membantu memulai karirya sebagai penyanyi di Korea. Yong Hwa juga menyumbangkan suaranya dan berduet dengan penyanyi muda ini dan juga muncul bersama Juniel di debut acara2 musiknya termasuk penampilan terbarunya di “Yoo Hui Yeol Sketchbook” yang ditayangkan tanggal 22 Juni.

RENCANA CNBLUE DI MASA MENDATANG

Dijadwalkan untuk dirilis tanggal 1 Agustus, mini album ketiga CNBLUE “Come On” akan menempati rak-rak toko musik dan memberi kepuasan bagi semua penggemar yang talah menantikan album ini untuk melengkapi koleksi mereka. Album ini nantinya akan berisi 4 lagu, termasuk lagu utama “Come On” dan juga versi instrumentalnya. Serupa dengan album2 mereka sebelumnya yang telah dirilis, lagu ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. “Come On” telah terjual lebih dari 80.000 kopi hanya melalui pre-order di minggu pertama setelah tanggal rilis diumumkan. Mengetahui hasrat Jung Yong Hwa untuk meningkatkan kemampuan musiknya, fans bisa mengharapkan keterlibatan Jung yong Hwa dalam proses pembuatan di hampir semua lagu bersama dengan rekan se-band Lee Jong Hyun, yang mana keduanya telah mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah interview kalau mereka telah memiliki komposisi lagu yang telah selesai mereka kerjakan dan cukup untuk membuat sebuah album! Kang Min Hyuk dan Lee Jung Shin juga mengungkapkan ingin lebih memberi masukan dalam proses pembuatan musik mereka sehingga nantinya mereka akan lebih memperkaya warna musik CNBLUE sebagai sebuah band di masa mendatang. Band ini akan kembali bepergian ke Jepang untuk mulai mempromosikan single terbaru mereka sekitar bulan Juli.

Setelah CNBLUE selesai dengan kegiatan Jepang yang berhubungan dengan “Come On”, band ini berencana meluangkan waktu untuk menyiapkan aksi kembali mereka di Korea, yang dikabarkan akan dilaksanakan bulan Oktober nanti. Album ini dipercaya akan menjadi album yang total di susun dan ditulis sendiri oleh CNBLUE, sehingga rilis album Korea selanjutnya ini akan terbukti menjadi pencapaian rekor lain dalam sejarah musik mereka.

CNBLUE akan segera memperluas pencapaian musik mereka ke Inggris, negeri yang dikenal dunia sebagai “Rumah bagi band”, CNBLUE, berpasangan dengan rekan selabel mereka, FTISLAND, sedang menyiapkan konser mereka di  Eropa dan Perancis yang dijadwalkan awal tahun depan, sebagai tindak lanjut dari rangkaian konser yang telah mencapai puncak di Los Angeles. Karena musik Korea yang saat ini lebih popular dan lebih focus kepada genre ‘dance’, akan sangat penting jika band, seperti CNBLUE dan FTISLAND juga memperluas jaringan mereka ke pasar musik Eropa. Menurut CEO dari FNC, Han Sungho, “Kedua band ini telah cukup mampu mendobrakAsiadan ditambah dengan suksenya konser mereka di AS, ‘Stand Up’ M live diLos Angeles, sehingga mereka berharap bisa mengulang sukses yang sama di Eropa dan Perancis dan berharap akan berjalan sukses di perjalan mereka yang akan datang”.

TERTULIS DI BINTANG-BINTANG

Melangkah maju dalam hidup, seseorang haruslah meluangkan waktu untuk berkaca pada masa lalu dan bagaimana masing-masing peristiwa tersebut mengubah jalan mereka dari satu arah ke arah lainnya. Karena tanda tangan kontrak individu mereka dan kemudian berkumpul menjadi bagian dari anggota band, factor tertentu telah di tetapkan dalam perjalanan mereka yang telah membimbing mereka mengambil jalan yang saat ini mereka ambil. Pada jalan itu, mereka telah harus mampu mengatasi kesengsaraan dan juga masa-masa sulit. Malam-malam panjang dimana mereka berlatih hingga menjelang pagi, sakit, pergantian anggota band, kontoversi dan tentu saja pekerjaan tiada henti tanpa banyak waktu luang untuk bisa melakukan hal lain. Namun, dapat dipastikan hal tersebut telah membantu menumbuhkan keempat pemuda ini menjadi lelaki dewasa bahkan sebelum masyarakat menyadarinya.

Dengan setiap kekecewaan atau prestasi yang telah dialami oleh CNBLUE, mereka melanjutkan untuk terus berjuang  “hingga ke puncak dunia”, yang merupakan bagian dari lirik lagu mereka, ’One Time’ yang membuat lagu ini menjadi lebih berarti ketika lagu ini ditempatkan melalui sudut pandang CNBLUE. Mereka telah bekerja bersama-sama sejak sebelum debut untuk mencapai tujuan yang sama, untuk bermusik bersama-sama dan berjuang bersama menuju puncak dan sebagai hasil dari kerja keras dan niat mereka; mereka terus melampaui harapan dan terus membuat fans setia mereka bahagia. Hingga suatu hari musik mereka sendiri digaungkan di seluruh penjuru dunia, oleh mereka sendiri atau mungkin oleh band lain yang mencoba berjuang untuk melalui jalan yang lebih pendek untuk mencapai sukses.

CR: http://www.kpopstarz.com
Authors:  Mari @cnbstorm/colormecnblue | D@cnbstorm
Edited by:  D@cnbstorm
Photo credits: As tagged where it applies
Translated eng-ind by: Heidi @cnblue4ina
Posted by Reni @cnblue4ina